Tuesday, August 4, 2020

愚公移山 Yúgōngyíshān "Pria tua memindahkan gunung" (Pepatah Tiongkok)



愚公移山
Yúgōngyíshān

"Pria tua memindahkan gunung"


Dahulu kala, ada dua gunung besar - Gunung Taihang dan Gunung Wangwu, yang posisinya ada di depan rumah pria tua bernama Yu. Karena gunung-gunung menghalangi jalan, keluarga Yu harus berjalan lebih jauh untuk bisa keluar. Suatu hari, Yu memanggil seluruh keluarga untuk mendiskusikan pemindahan gunung. Istrinya menggelengkan kepalanya dan berkata: "Di mana kita akan meletakkan bumi dan pasir yang kita gali?" Yang lain berkata, "Kita bisa membuangnya ke laut."

Keesokan harinya di pagi hari, Yu mulai menggali gunung dengan keluarganya. Seorang lelaki tua bernama Zhi Sou melihat mereka bekerja dan tertawa: "Pak tua bodoh, kau begitu tua dan lemah. Mengapa kau ingin menghilangkan gunung itu? ? Anda tidak akan pernah bisa bahkan sebelum Anda mati! "Yu tersenyum dan berkata: "Pikiranmu begitu keras kepala dan kuno. Kalau saya mati, akan ada anak-anak saya. Anak-anak saya akan memiliki cucu dan cucu saya akan memiliki anak. Tidak akan ada akhir, tetapi gunung tidak akan tumbuh. Seiring berjalannya waktu, gunung-gunung ini pasti akan bisa dihilangkan! "Zhi Sou tidak berkata apa-apa dan pergi.


Para dewa di langit terkesan dengan kerja keras dan ketekunannya, & memerintahkan agar gunung-gunung dipindahkan


Moral cerita : dengan ketekunan dan tekad yang bulat, setiap kesulitan, bahkan kesulitan tebesar pun dapat diselesaikan.

No comments:

Post a Comment