Tuesday, August 4, 2020

亡羊补牢 Wáng yáng bǔ láo "Memperbaiki kandang setelah dombanya hilang" (Pepatah Tiongkok)



亡羊补牢
Wáng yáng bǔ láo

"Memperbaiki kandang setelah dombanya hilang"


Dahulu kala, ada seorang pria yang memiliki beberapa domba. Suatu pagi saat ia melepaskan dombanya untuk makan rumput, ia menyadari bahwa salah satu dombanya hilang. Ternyata, kandang domba itu sedikit rusak, terdapat pagar yang jebol, sehingga serigala bisa merangkak masuk dan mengambil salah satu domba. 
Tetangganya memperingatkannya untuk segera memperbaiki kandang tersebut. pria itu menjawab, "Dombanya sudah pergi, ngapain repot-repot memperbaiki kandang!"

          Pagi berikutnya, dia melepaskan domba-dombanya keluar untuk makan rumput dan menyadari bahwa dombanya hilang lagi. Ternyata, pagar yang jebol tersebut sudah memberi jalan kepada serigala itu untuk mencuri dombanya lagi. Dia sangat menyesal tidak mendengarkan saran dari tetangganya. dan dia pun memutuskan untuk segera memperbaiki kandang, mumpung belum terlambat. Setelah dia memperbaiki kandang nya itu, dia tidak pernah kehilangan domba lagi.

Moral cerita : Jangan membiarkan masalah sepele, karena jika dibiarkan, masalah sepele tersebut akan menjadi besar yang ujung-ujungnya akan menyulitkan kita.

No comments:

Post a Comment