Wednesday, July 31, 2019

"B U B U R"

                                         

Cast :
Tomi Sugeng Alamsyah
Kwak Dherrye
Kwak Dhymmant
Kwak Nyccho
Kwak Utthy
Kwak Egyck


"B U B U R"



Hari itu di Kampus Welas Asih, tepatnya di kelas jurusan "Sastra India" dosen mereka menugaskan Tugas kelompok yang sangat sulit yaitu membuat Novel komedi berbahasa india, semua murid ricuh, kecuali genk kwak, begitulah sebutannya, genk tersebut sangat solid sehingga setiap tugas kelompok selalu terselesaikan dengan baik

Dherrye : "Kali ini mau dikerjain dirumah siapa?"
Dhymmant : "kemaren dirumah aku"
Nyccho : "dirumah aku juga udah"
Utthy : "dirumah aku apalagi paling sering"
Egyck : "Dirumah aku belum pernah sih, tapi hari ini mamaku lagi arisan dirumah"

*dan seketika semua melirik ke arah Tomi"

Tomi : "Iya iya, dirumah aku, kebetulan aku udah lama pengen kalian main ke rumah"
Utthy : "wah asyik, finally dirumah km tom"
Nyccho : "Tomi kan jago masak, huwaaaaa aku jadi ngiler"
Tomi : "Tenang aja nanti aku masakin kalian makanan yang lezat"
Dhymmant : "Kyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa azek"
Dherrye dan Egyck tidak mampu berkata-kata karena sudah ngiler terbayang masakan tomi yang terkenal lezat

*bel pulang pun berbunyi, akhirnya mereka pulang dan langsung menuju rumah tomi*


saat sampai dirumah tomi, mereka semua terpana dengan keindahan rumahnya
bersih, rapi dan indah, semua serba putih dan higienis
mereka pun langsung membagi-bagi tugas kelompok
suasana sangat sibuk tapi seru, mengerjakan tugas sembari becanda

Tomi : "Yowes, kalian pasti udah pada laper iya toh? aku masakin bubur ayam ya"
Genk Kwak : "YEAYYYYYYYYYYYYYY" jawab mereka serempak

Tomi pun pergi kedapur, mulai memasak
ketika sedang memasak bubur, tiba-tiba ada lalat masuk kehidung tomi
tomi pun bersin hebat, sampai semua ingusnya keluar dan hinggap ke bubur yang sedang dimasak
Tomi : "Waduh masuk ke bubur semua, tapi yasudahlah tinggal di aduk saja, toh ingus ku higienis"

tomi pun lanjut memasak sambil menyenandungkan lagu lucinta luna

beberapa detik kemudian

"PRANGGGGGGGGGGG" bunyi panci terjatuh

seketika tomi menoleh ke belakang dan dia melihat Nyccho dengan tatapan nanar berdiri gemeteran dibelakangnya

Tomi : "Nyccho, sejak kapan kamu disini?!!!"
Nyccho : "Ba...ba...barusan koq tom, aku mau ambil gelas tapi ke..ke...kesenggol pancinya"
                "a...aku ga liat kamu ja....jatuhin ingus koq to..tom"
Tomi : "hmmmmmmm"

*Tomi terdiam sejenak, memikirkan suatu strategi, lalu ....

Tomi : "Nyc, kamu bantuin aku masak deh"
Nyccho : "ba..baik.... tom..."

*disela-sela masak

Tomi : "Nyc, aku mau curhat"
Nyccho : "Si..si..silahkan tom"
Tomi : "Dulu aku pernah masak buat temen, terus mereka bilang masakanku ga enak dan beracun"
Nyccho : "te...terus???"
Tomi : "aku langsung berniat bunuh diri nyc" kata tomi sambil menangis

DEG!!!!! bunyi jantung nyccho

Tomi : "Tapi ga jadi bunuh diri karena aku inget, aku punya teman kayak kalian"
            "Jadi aku berharap, kalian menikmati makanan ku hari ini" rintih tomi lagi
Nyccho : "i...i....iya tom"

"aku harus cari alasan supaya nanti ga makan makanannya" kata nyccho dalam hati


jam makan malam pun datang, saat yang dinanti-nanti oleh semua orang kecuali nyccho



bubur ayam nya sudah tersaji dengan syantik

Dherrye langsung melahap nya sambil merem melek saking nikmatnya
Utthy makan sambil joget saking girangnya makan bubur tomi
Dhymmant sampai habis 10 mangkok
Egyck makan langsung di pancinya karena takut kehabisan

dan tiba2 semua mata tertuju ke arah nyccho, mangkok nya tidak tersentuh sedikitpun

Egyck : "km kenapa nyc? tumbenan ga makan, biasanya paling rakus klo makan makanan tomi!"

Nyccho : "aku, aku,, "

Tomi langsung menyeringai ke arah nyccho

Nyccho : "aku lagi maag, jadi belum bisa makan bubur"

Dherrye : "Alasan macam apa itu?, bukannya kalau maag harus makan bubur ya"

Egyck : "apa jangan-jangan kamu ga suka masakan tomi?"

#JLEBBBBBBBB

pertanyaan Egyck menusuk qolbu nyccho

Tomi mulai akting sedih dan menangis

"Hikss.... aku mah apa atuh" kata tomi lirih

Teman-teman nya mulai menatap curiga, suasana makin mencekam

karena tidak bisa menahan semua itu, Nyccho langsung memakan bubur itu dalam satu hitungan sekaligus

rasa mual, enek dan nista begolak ditenggorokannya

dan dia pun langsung pingsan seketika





-------------------------------------------------------------------------------------------------------



"dimana aku.....?"

ternyata dia berada di kamar rumah sakit

remang2 dia mulai melihat sosok kedua orang tuanya dan teman-temannya

"kenapa aku disini..........?"

dan pelan-pelan dia ingat "OH IYA GARA-GARA MAKAN BUBUR SI TOMI KAMPRET ITU!!!!!!!!"

mata nyccho langsung terbuka dari pingsannya tapi sambil melotot, orang tua dan teman-temannya langsung kaget

"Biasa aja kaleeeeeeeeee siumannya!" kata Egyck

semua tertawa, kecuali tomi, dia menatap ke arah Nyccho penuh ancaman

"Nak, akhirnya kamu sadar, tadi kata temen-temen, kamu pingsan karena maag kumat ya? oya ini coba segera dimakan bubur buatan nak tomi, masih anget, dia khusus bawain buat kamu, papa sama mama sangat terharu"

#DEG

mata nyccho terbelalak melihat bubur yang sudah membuatnya pingsan itu ada dihadapannya.
tanpa pikir panjang dia langsung menumpahkan bubur itu dan berteriak

"GEUMANHAE JEBAL CIGEUMMMMMM!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!"
AKU GA KUAT LAGI YA ALLLAH
HUWAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

nico menangis sejadi-jadinya

semua keheranan dan panik

"Anakku!!!!!!!!!!!!!! kenapa nak?!!!!!!!!" jerit mamanya

"nyc,,, istigfar,, nyc" kata tomi pura-pura panik

"BERISIK LU AYG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!" teriak nico

semuanya kembali kaget dan keheranan

"teman-teman, maaf aku ngga jujur tadi waktu makan malam,
sebenarnya waktu tomi masak bubur, aku ga sengaja lihat dia bersin
dan semua ingusnya masuk bercampur sama bubur, tapi dia ga mau rugi,,,
malah diaduk2, maaf aku ga jujur sama kalian. T_T" kata nyccho sambil menangis

"EWWWWWW" papa nico langsung mual

reaksi genk kwak

Dherrye langsung muntah-muntah
Utthy pingsan
Dhymmant nangis kejer
Egyck langsung kesurupan

suasana menjadi horror dan seram

dan apa yang tomi lakukan???

Dia hendak meloncat dari jendela kamar rumah sakit yang letaknya cukup tinggi yakni dilantai 30

"BAIKLAH AKU MEMANG SALAH
AKAN KU TEBUS KESALAHANKU DENGAN LONCAT DARI SINI"

"KYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA"

semua kembali panik, dan berusaha menahan, tapi sudah terlambat, tomi pun loncat dan.....




----------------------------------------------------------------------------------------------------------------







*terdengar keramaian suasana kampus*

"eh bangun bentar lagi kelas sastra india mulai nih" utthy membangunkan nyccho
"nikmat bener ye km tidur" tambah dherrye
"ampe nangis gitu, mimpi dicium mimi peri ye? hahahhaha" ledek egyck

"cuma mimpi tho, hufftttt seram sekali, tapi untung cuma mimpi" kata nyccho dalam hati

Guru sastra india pun masuk ke dalam kelas

"Anak-anak, Bpk punya tugas baru untuk kalian, mohon dikerjakan secara kelompok, tolong buat cerpen komedi berbahasa india"

semua murid ricuh, kecuali genk kwak

Dherrye : "Kali ini mau dikerjain dirumah siapa?"
Dhymmant : "kemaren dirumah aku"
Utthy : "dirumah aku apalagi paling sering"
Egyck : "Dirumah aku belum pernah sih, tapi hari ini mamaku lagi arisan dirumah"

Nyccho terheran, koq percakapannya sama kayak di mimpi

*dan seketika semua melirik ke arah Tomi"

Tomi : "Iya iya, dirumah aku, kebetulan aku udah lama pengen kalian main ke rumah"
Utthy : "wah asyik, finally dirumah km tom"
Tomi : "Tenang aja nanti aku masakin kalian makanan yang lezat"
Dhymmant : "Kyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa azek"
Dherrye dan Egyck tidak mampu berkata-kata karena sudah ngiler terbayang masakan tomi yang terkenal lezat

"Ini benar2 persis dengan di mimpi ku tadi, jangan mimpi tadi adalah pertanda
aku harus cari cara supaya tidak terjadi hal yang serupa"

"GUYS KERJA KELOMPOK DIRUMAH AKU AJA, AKU BAKAL SEDIAIN MAKANAN ENAK, AKU BAKAL ORDER KAMBING BAKAR KESUKAAN KALIAN" teriak nyccho

Utthy : "hmmm tumben, biasanya kamu pelit, cuma suguhin sukro sama kopi"
Egyck : "km kemasukan apa nyc? hahahhaha"
Dherrye : "Yasudahlah kalau nyccho menawarkan, jarang-jarang kan dia kek gitu"
Tomi : "Baiklah"


*bel pulang pun berbunyi, akhirnya mereka pulang dan langsung menuju rumah Nyccho*

mereka pun langsung membagi-bagi tugas kelompok
suasana sangat sibuk tapi seru, mengerjakan tugas sembari becanda
kebetulan ortu nyccho sedang diluar,  jadi mereka merasa lebih bebas

"Aku ke indoapril dulu ya, beli cemilan buat kalian sama sekalian ke si mamang tukang jual kambing bakar" kata nyccho

"Asshiap" jawab genk kwak serempak

saat Nyccho pergi keluar....

tomi melihat2 dapur nyccho

"hmmm bersih dan enak ya dapurnya"

matanya pun terbelalak melihat beras dan bumbu dapur yang nganggur, dia pun dapat ide untuk masak bubur ayam

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

30 menit kemudian Nyccho pun kembali, tapi dia heran karena tidak melihat tomi bersama genk kwak
tak lama kemudian dia mencium aroma masakan

#DEG

seketika dia langsung pergi ke dapur

dan beberapa detik sebelum akhirnya sampai didapur dia mendengar suara bersin yang hebat
dan sesuai dugaannya, begitu sampai dapur dia melihat tomi mengaduk bubur dengan lendir-lendir yang menjijikan

lutut Nyccho bergetar, dia pun terduduk lunglai di lantai

dia menangis karena dia kira dia bisa merubah takdir tapi ternyata pada kenyataannya

sehebat apapun usaha dia

tetap saja

takdir mengharuskan nya  memakan bubur itu


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------


















EPISODE 2 : TAMAT



Thursday, July 18, 2019

Bukan Bodoh

Ketika aku tidak bisa menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik, biasanya aku akan menghakimi diriku sendiri "Bodoh! Bego!"

Tapi sekarang karena aku sadar, aku tidak boleh menyakiti dan menghina diriku sendiri, aku rubah caraku memandang setiap kelalaian ku

"Kamu mengerjakan pekerjaan yang memang bukan keahlianmu, kalau kamu tidak bisa ya wajar,  kamu bukan superman yang bisa mengerjakan semua hal, tapi kamu orang biasa yang berani mengerjakan sesuatu yang bahkan tidak mampu kamu kerjakan!!"

Ya...

dengan ucapan itu, aku merasa lebih strong

intinya

"Jangan lontarkan kalimat negatif terhadap dirimu sendiri"

Apa Sih Visual Snow ?

Mungkin "Visual Snow" adalah istilah yang bagi beberapa orang terutama di indonesia terdengar sangat asing

jadi...

Visual Snow adalah keadaan dimata penglihatan kita melihat sindrom-sindrom yang tidak umum dan terkesan sangat aneh dan membuat panik

Berikut beberapa sindrom nya :

1. TV Statis


pada sindrom ini, seseorang melihat dunia seperti TV rusak, bahkan pada malam hari, mereka tidak dapat melihat indahnya bintang karena tertutup TV rusak tersebut


2. Blue Field Entoptic Phenomenon


sindrom ini biasanya nampak jelas saat melihat langit, ketika mata difokuskan ke area langit, maka seluruh pemandangan langit akan berubah menjadi lautan bintang kecil atau mungkin saya menyebutnya seperti "Milky Way"


3. Floaters


mungkin untuk floaters ini cukup umum ya, tidak hanya orang yang terkena visual snow saja yang bisa melihatnya, bahkan orang yang matanya normal sekalipun biasanya mengalami floaters ini


4. Genangan Air


sindrom ini akan muncul setelah seseorang beraktivitas dari tempat terang ke tempat gelap, biasanya genangan air ini muncul saat mata melihat lurus, dia akan muncul di pinggiran mata
(sindrom ini dikaitkan dengan pencairan gel vitreous)


5. After Image


adalah bayangan yang mengikuti / terekam setelah fokus melihat sebuah objek


6. Efek Halo, Glare & Starburst


tidak semua yang mengalami Visual Snow mengalami sindrom ini, tapi beberapa ada yang mengalami


7. Tinnitus


suatu keadaan dimana telinga berdenging 24 jam, tidak semua orang yang mengalami Visual Snow mengalami sindrom ini tapi 80% mengalami


Masih banyak lagi gejala visual snow yang lainnya, tapi yang saya sebutkan diatas adalah gejala paling umum


well, pengalaman saya sendiri mengalami visual snow mungkin (tersadarnya) saat bulan Mei 2019 kemarin, saat itu saya sering sekali melihat kunang-kunang lewat di penglihatan saya.
gejala yang saya alami adalah poin nomor : 2,3,4 dan 7.

Awalnya saya pun sangat stress dan down, saya sempat berpikiran yang aneh-aneh, tapi berkat dukungan dari penderita Visual Snow Yang lain yang saya temui di Grup Whatsapp Visual Snow Indonesia yang di dirikan oleh Heppy Yulinda (makasih kak poiiiii) saya bersyukur mengenal kamu dan semuanya, berkat kalian aku masih bisa bertahan sampai sekarang

mengalami sindrom ini sangat berat, karena kita akan terus dihantui kecemasan (anxiety)
karena itu sangat perlu dukungan dari orang lain, jadi buat kalian yang merasa mengalami Visual Snow jangan ragu untuk menghubungi saya via email : dimannurjaman92@gmail.com
ayok kita sharing-sharing... kalau mau saya masukin grup whatsapp, kalian gak sendiri, jangan panik, mari kita lawan bersama-sama

Dan saya juga mau sampaikan bahwa menurut beberapa sumber, Visual Snow ini tidak akan membuat kita kehilangan penglihatan, hanya saja, kita harus bisa beradaptasi untuk menerima mereka sebagai bagian dari hidup kita.

oya walaupun pada umumnya Visual Snow ini tidak berbahaya, tapi ada baiknya kalian periksakan dulu mata kalian ke dokter, seperti yang saya lakukan, saya memeriksakan mata saya ke dokter spesialis retina, dan ternyata diketemukan bahwa retina mata saya tipis, dan menurut dokter, tipis nya sudah beresiko, dan harus segera melakukan tindakan laser penebalan retina, akhirnya tanpa ragu lagi saya melakukan laser retina. setelah melakukan laser retina memang efek-efek Visual Snow masih ada, tapi sekarang saya merasa lebih aman.

mungkin itu saja share dari saya


Salam

Diman
18 Juli 2019
















Wednesday, July 17, 2019

"RAMAI" (Cerpen Horror Komedi)

                    Cast :
                             Kwak Dherrye
                             Kwak Dhymmant
                             Kwak Nyccho
                             Kwak Utthy
                             Kwak Egyck

                   Genre :
                              Horror, Comedy


"RAMAI"



Utthy adalah seorang mahasiswi baru di Universitas Indonesia Depok, karena dia asli Medan dan dia tidak punya saudara di depok, dia memutuskan untuk mengontrak sebuah rumah, dia tidak mau ngekos karena dirinya introvert dan senang sendiri.


akhirnya utthy menemukan sebuah rumah kontrakan terpencil yang berada diujung rumah warga, dengan harga dan tempat yang nyaman utthy pun memutuskan untuk menyewa di rumah tersebut


setelah 3 bulan utthy tinggal dirumah tersebut semuanya baik-baik saja, tidak ada yang mengganggu, everything is fine sampai suatu hari teman-temannya datang main kerumahnya


Utthy : "nah guys,,,, ini kontrakan ku, welcome"
Dherrye : "wah ini sih udh bagus bgt klo buat harga 500rb per bulan!!!"
Egyck : "yeayyyyyyy enak banget ty, adem"
Dhymmant : "bisa main smule sepuasnya euy, ndack bakal ada noise!!!"
Nyccho : "......................................................"


Utthy : "Nyc, koq km diem aja? km kebelet apa gmn?"
Nyccho : "eng... enggak lui, enak koq tempatnya... ta tapi ak izin pulang duluan ya, aku ga enak badan"
Utthy : "Mworago?!"
Egyck : "Emang kenapa?"
Dhymmant : "Koq ngedadak sakit nyc, apa jangan2 kamu mau ngedate sama mimi ya?"
Nyccho : "geumanhae jebal cigeum, aku ga enak badan aja, aku cabut ya, byeeeee"
Dherrye : "nae, ati2 dijalan nycc"
Nyccho : "nae, bye cemua na . . . .. . ."


Nyccho pun pergi , sambil sedikit terburu-buru

Akhirnya tinggal mereka ber-4, mereka pesta bakar-bakar di taman belakang kontrakan utthy



sampai suatu saat,  ketika dhymmant sedang setor tunai di toilet, keanehan pun terjadi, ada suara kakek2 yang ketuk2 pintu dengan kencang sambil teriak
"Woy cepetan donk bokernya"
Dhymmant pun buru2 menyelesaikan ritualnya tersebut sambil bergumam
"itu siapa ya, koq suaranya kayak bukan temen-temen"
dia pun keluar dari pintu toilet "ni saya dah kelar, silahka......n.." dhymmant pun terdiam karena yang dia lihat sekarang diruang tamu adalah sekumpulan nenek-kakek yang seperti sedang berpesta.

.
.
.



"Maaf, saudaranya utthy ya?" tanya dhymmant
"kami tetangganya, lagi maen aja kesini, udh sering koq, tanya aja utthy" kata salah satu kakek
"oh ok, klo gitu permisi ya pak..bu" dhymmant pun pamit dan menuju ke taman belakang utk gabung kembali dengan utthy cs

Dhymmant   :"Utthy, ngapain si km ngizinin tu orang2 jompo pesta diruang tamu km?"
Utthy            : "heh?! mworago? apaan si?"
Dhymmant   : "Itu yang diruang tamu, yg tetangga2 jompo ngapain km bolehin pesta di rumah km   coba deh liat"
Utthy            :  "apaan si hahahhahaha nggak ada apa2, km lagi halu kali dhymm, udah ah cobain nih sate kambingnya"

karena melihat sate kambing, dhymmant pun langsung melahap nya dan melupakan kejadian barusan

ditempat lain egyck sedang berdandan di kamar utthy, nyobain kosmetiknya
lalu ia tertegun melihat lukisan youtuber favoritnya (Tomi) yang terpampang didinding kamar utthy
dia pun selfie dengan lukisan tersebut

tapi...

setelah selfie...

apa yang tertangkap kamera , dirinya bukanlah berfoto dengan lukisan tomi idolanya, melainkan mahluk asing yang sering dijuluki setan kapsul


tidak lain dan tidak bukan adalah


pocong















"KYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA"

egyck pun terbirit-birit dan menghampiri utthy cs

"Ty, Ty, lu coba liat ini deh"

egyck pun memperlihatkan foto selfie nya barusan

"apaan si lu foto ama tomi kesayangan aku koq ga izin dulu?" kata utthy

"what?!" egyck terkaget ketika dicek ternyata pocong td hilang

"tadi beneran pocong ty, serius!!!"

"apaan sih, tadi si dhymm bilang liat kakek nenek, sekarang pocong, kalian kenapa sih koq pada halu gitu?!" kata utthy sambil tertawa puas


dherrye yang tadi merasakan keanehan dari cerita teman-temannya itu dia pun langsung teringat nyccho, ya dia ingat bahwa nyccho punya indera keenam, dia pun pura2  ke toilet padahal mau telpon nyccho




tuuuuuuuuuuttt...

Nyccho : "hallo"

Dherrye : "nycc, halo, km tadi kenapa pulang duluan?"

Nyccho : "nggak dher, ngak ada apa-apa"

Dherrye : "masalahnya nic, si dhymmant ama si egyck cerita aneh2, tolong jgn umpetin sesuatu"

Nyccho "sebenernya aku ga enak sama utthy der,, aku takut dia dia jadi parno atau gimana...

jadi pas pertama aku masuk ke rumah itu, yang aku liat ternyata rumahnya penuh dengan berbagai macam mahluk, ada nenek2, kakek2, tentara, kunti, genderwo, tuyul macem2 deh, aku mau cerita kasian ama utthy....

Dher...

Halo dher....

Kwak dherrye ssi?! koq diem aja? "


alih-alih mendengar suara dherrye dari telepon, tenryata tiba-tiba yang keluar adalah suara nenek-nenek yang sambil lirih berkata


"sstttttttt, jangan berisik nak, mereka ber-4 sudah kami ajak ke alam kami, nah..... sekarang giliran kamu, teman saya sedang menjemput kamu sekarang, hwihihihihihiihihihih"

setelah mendengar ucapan tersebut, nyccho pun langsung terdiam... karena tepat didepannya sekarang berdiri seorang nenek berjubah hitam yang tersenyum lebar seolah-olah akan memangsanya..

dan............















"KYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA"

utthy pun terbangun, tepat pukul 12 malam

keringat membanjiri seluruh tubuhnya

seluruh badannya bergetar

"ternyata cuma mimpi... huffttt" gumamnya dalam hati

lalu tiba-tiba ada yang masuk ke kamar utthy dan menyapa

"eh bangun juga kamu utthy"


.
.

.





Utthy pun tercengang karena mahluk yang menyapa nya tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah hantu


utthy pun berlari keluar kamar dan ia pun menyaksikan bahwa ruang tamu nya penuh diisi mahluk-mahluk yang siapapun melihatnya pasti pingsan







utthy pun langsung lari terbirit-birit  keluar rumah

dan sejak saat itu dia meninggalkan rumah kontrakan tersebut



*tak lama kemudian dia mendengar kabar bahwa ternyata rumah tersebut adalah tempat pembuangan jin dari rumah-rumah yang lain


TAMAT



Sudah 2 Tahun 4 Bulan

Sudah 2 tahun 4 bulan semenjak kepergian mu

kita tidak saling mengenal, tapi aku merasa dirimu merasakan apa yang aku rasakan

tapi kamu begitu berani untuk melakukan hal tersebut, entah apa karena beban mu berkali kali lipat dari ku?

sudah 2 tahun 4 bulan ... tapi aku masih ada didunia ini

dengan berjuta ketidakpastian yang harus aku bawa disetiap langkah ku

terkadang aku jatuh sakit karena tidak kuat

tapi terkadang aku bangkit kembali saat angin harapan menghampiriku

entah besok, lusa atau kapan, suatu saat aku pun akan menuju tempat mu

mungkin kita akan berjumpa dengan fisik yang berbeda

semoga disaat itu kita bisa saling mensupport satu sama lain

saling memberi kekuatan

saling mendoakan

tapi aku yakin dikehidupan selanjutnya

hidup kita akan penuh dengan suka cita

itu balasan karena kita mampu melewati masa ini :)

Monday, July 1, 2019

Selama Ada Niat, Jualan Apapun Pasti Ada Saja Yang Beli!

Tulisan ini saya buat atas pengamatan saya terhadap para pedagang yang ada disekitar tempat tinggal saya, yaitu di Bogor
well, saat ini saya tinggal di perumahan yang mana penjual disini menjual makanan nya dengan harga yang lumayan mahal, nah karena saya pengen ngirit, saya mencoba mencari makanan di kampung belakang perumahan, ada banyak kampung disitu, ada Sukadamai, Sremped, Kukupu dan Cimanggis... nah semuanya udah pernah saya jajal nih, dari mulai nasi goreng, bakso, soto mie, dll

Yang membuat saya belajar adalah, disana kan banyak sekali yang jualan, bahkan dalam 1 kampung kecil, ada 5 - 6 pedagang bakso, pikirku adalah kampung sekecil itu berapa sih penduduknya? terus yang jualan sebanyak itu, kayaknya pasti mereka pembelinya sedikit, untungnya pasti sedikit... itu sudut pandang aku, tapi setelah aku amati beberapa kali, ternyata mereka tuh setiap hari ada aja yang beli, bahkan aku pun sekarang kalau beli makanan ya gantian, dari kedai ini ke kedai yang lain hahahah

Intinya jangan remehkan setiap pedagang, jangan berpikiran bahwa dagangan mereka ga ada yang beli, justru karena mereka buka setiap hari, artinya ada aja yang beli, entah seberapa banyak keuntungannya yang jelas pasti ada terus pemasukan, hmm Tuhan memang Maha Adil!

Sunday, June 16, 2019

Pengalaman Laser untuk Retina Yang Tipis

Jadi sejak awal mei, saya merasa penglihatan saya ada yang ga beres, yaitu dengan muncul nya titik cahaya yang bersinar yang menyerupai kunang-kunang, sebenarnya dari dulu mata saya memang ada floaters nya, tapi sekarang saya panik karena muncul nya kunang-kunang itu, saya takut gejala tersebut adalah flash yang mana itu adalah tanda nya ada robekan pada retina. sejak itu hidup saya berubah menjadi penuh kekhawatiran, gairah hidup mulai menurun, tiap hari dihantui kecemasan, saya merasa hidup saya sudah rusak, karena bagaimanapun mata adalah jendela dunia, dan terlebih lagi hobi saya didepan laptop, dengan adanya gejala mata ini saya adi parno untuk melihat laptop dan handphone.

lalu sayapun pergi ke beberapa dokter, berikut urutan dokter yang saya kunjungi :

1) dokter pertama yang sy kunjungi adalah dokter indira di Bogor Eye Center, saat itu saya tdk bisa diperiksa retina karena beliau bilang mata saya masih merah, kedua kalinya sy datang beliau juga tidak bisa memeriksa mata sy karena mata masih merah

2) akhirnya saya memutuskan berobat ke dokter lain, yaitu dokter Manoa Panjaitan, disini beliau mau memeriksa retina saya, prosedur pemeriksaan adalah pertama ditetesi obat pelebar pupil, lalu mata saya diperiksa dengan suatu alat, dan mata sy disinari dan dokter memakai seperti kaca pembesar, hasil pemeriksaan nya ternyata menurut dokter Manoa mata saya mengalami penipisan retina dibeberapa spot, tp masih aman, beliau menyarankan saya jangan olahraga yang berat dan menghindari benturan di kepala, akhirnya saat itu pun pulang dengan perasaan agak nyaman, karena setidaknya mata sy masih aman, walaupun ada penipisan pada retina

3) karena saya merasa belum sepenuhnya tenang karena ada penipisan pada retina saya, akhirnya pada tanggal 14 Juni 2019 saya memeriksakan mata lagi ke cicendo bandung, disana saya diperiksa oleh dokter Grimaldi, setelah diperiksa beliau bilang bahwa kedua mata saya bagian kiri dan kanan nya sudah tipis dan beresiko robek, maka pada saat itu mata saya pun langsung di laser dua2nya.
saat laser rasanya tidak sakit, hanya sangat silau, silaunya benar-benar menggelitik mata saya yang membuat saya berpikiran akan segera pingsan, tapi syukurlah berhasil melewati itu semua.
setelah laser penglihatan sempat gelap alias berwarna merah tua, tapi bbrp menit kemudian normal kembali. lalu saya diberi obat tetes Noncort Diclofenac Sodium yang diteteskan 4x sehari 1 tetes.

setelah laser penebalan retina memang mata saya jadi tidak mudah lelah seperti sebelumnya, hanya saja mata sy masih agak kerasa linu disebelah kiri atas, mungkin masih efek dari laser retina tersebut atau entahlah semoga segera hilang rasa linu tersebut.
dan floater serta kunang-kunang masih belum juga hilang, mungkin memang tidak akan hilang, dan muncul gejala baru, yaitu kedipan (fotopsia) / bayangan genangan air dipinggir kanan mata saya yang sebelah kanan.. mungkin efek samping laser retina,
ya sudahlah saya mencoba ikhlas, tapi kan seenggaknya sekarang retina saya aman karena sudah dilaser, walaupun tetep harus rajin dikontrol.
tanggal 22 Juni 2019 ini rencana nya saya akan cek up lagi, semoga hasil nya bagus.


update :

22 Juni 2019, akhirnya saya melakukan pengecekan kondisi retina, masih dengan dokter Grimaldi Ihsan, saat beliau cek, kondisi kedua mata saya aman, hasil laser bagus, dan gejala kedipan (fotopsia) / bayangan genangan air yang saya lihat adalah akibat pencairan gel vitreus di mata saya, yang mana kata beliau ini seharusnya terjadi di usia tua, hanya karena mata sy minus jadi terjadi lebih cepat, tapi kata beliau jangan terlalu dikhawatirkan, karena bukan sesuatu yang berbahaya. Dan beliau meresepkan saya Obat tetes mata Vitrolenta 2 botol yang dipakai 3x sehari, harus habis.


30 Juni 2019, genangan air di mata sy masih nampak, hanya tidak terlalu mengganggu, biasanya muncul setelah saya pergi dari luar ruangan dan masuk ke dalam rumah.
tapi linu dan sakit di mata akibat laser retina sudah tidak saya rasakan, mata pun sudah tidak merah lagi.


salam


Diman
17 Juni 2019