Thursday, July 18, 2019

Apa itu Visual Snow ?

Mungkin istilah "Visual Snow" masih terdengar asing bagi beberapa orang, terutama bagi orang Indonesia, karena memang orang yang mengalami sindrom Visual Snow ini masih sangat sedikit

Visual Snow atau Sindrom Penglihatan Bersalju adalah suatu kelainan yang terjadi di mata, dimana orang yang mengalaminya akan mengalami gejala-gejala seperti :

1. TV Statis


pada sindrom ini, seseorang melihat dunia seperti TV rusak (Tv Statis), bahkan pada malam hari, mereka tidak dapat melihat indahnya bintang karena tertutup TV rusak tersebut.
Cobalah tutup salah satu mata anda dan melihat dengan mata satu nya lagi, apakah muncul tv statis?


2. Blue Field Entoptic Phenomenon


sindrom ini biasanya nampak jelas saat melihat langit, ketika mata difokuskan ke area langit, maka seluruh pemandangan langit akan berubah menjadi lautan bintang kecil atau mungkin saya menyebutnya seperti "Milky Way"


3. Floaters


mungkin untuk floaters ini cukup umum ya, tidak hanya orang yang terkena visual snow saja yang bisa melihatnya, bahkan orang yang matanya normal sekalipun biasanya mengalami floaters ini


4. Genangan Air


sindrom ini akan muncul setelah seseorang beraktivitas dari tempat terang ke tempat gelap, biasanya genangan air ini muncul saat mata melihat lurus, dia akan muncul di pinggiran mata (kadang seperti berkedip-kedip)
sindrom ini dikaitkan dengan pencairan gel vitreous


5. After Image


adalah bayangan yang mengikuti / terekam setelah fokus melihat sebuah objek


6. Efek Halo, Halo Pelangi, Glare & Starburst


tidak semua yang mengalami Visual Snow mengalami sindrom ini, tapi beberapa ada yang mengalami


7. Tinnitus


suatu keadaan dimana telinga berdenging 24 jam, tidak semua mengalami sindrom ini tapi 80% mengalami

8. Penglihatan Berdenyut

picture by : https://visualsnowman.com/visual-snow-symptoms/

Gejala ini muncul biasanya setelah berolahraga atau melakukan aktifitas fisik, baik ringan maupun berat.

9.  Cahaya / Noda Biru

                                 picture by : https://visualsnowman.com/visual-snow-symptoms/

Cahaya biru ini akan muncul ketika seseorang habis duduk / jongkok lama, ataupun saat keluar dari ruangan gelap. Biasanya cahaya biru ini muncul dalam puluhan titik

10. Penglihatan berkedip-kedip

   picture by : https://visualsnowman.com/visual-snow-symptoms/

Muncul saat baru bangun tidur. atau setelah memejamkan mata dalam waktu yang lama

11. Cahaya Abstrak

Cahaya abstrak ini akan muncul saat mata terpejam, biasanya ketika seseorang hendak tidur dengan lampu yang dimatikan.






-------------------------------------------------------------------

Masih banyak lagi gejala visual snow yang lainnya, tapi yang saya sebutkan diatas adalah gejala paling umum


well, saya sendiri mengalami visual snow mungkin (tersadarnya) saat bulan Mei 2019 kemarin, saat itu saya sering sekali melihat kunang-kunang lewat di penglihatan saya.

Awalnya saya pun sangat stress dan down, saya sempat berpikiran yang aneh-aneh, tapi puji syukur berkat dukungan dari sesama penderita, terutama Heppy Yulinda (makasih kak poiiiii) saya bersyukur mengenal kamu dan yang lainnya, berkat kalian aku masih bisa bertahan sampai sekarang

mengalami sindrom ini sangat berat, karena kita akan terus dihantui kecemasan (anxiety), terutama ketakutan akan kehilangan penglihatan, bisa dibayangkan betapa menyeramkannya T_T
karena itu sangat perlu dukungan dari orang lain, jadi buat kalian yang merasa mengalami Visual Snow jangan ragu untuk menghubungi saya via email : dimannurjaman92@gmail.com
ayok kita sharing-sharing... 

Dan saya juga mau sampaikan bahwa menurut beberapa sumber, Visual Snow ini tidak akan membuat kita kehilangan penglihatan, hanya saja, kita harus bisa beradaptasi untuk menerima mereka sebagai bagian dari hidup kita.

oya walaupun pada umumnya Visual Snow ini tidak berbahaya, tapi ada baiknya kalian periksakan dulu mata kalian ke dokter, seperti yang saya lakukan, saya memeriksakan mata saya ke dokter spesialis retina, dan ternyata diketemukan bahwa retina mata saya tipis, dan menurut dokter, tipis nya sudah beresiko, dan harus segera melakukan tindakan laser penebalan retina, akhirnya tanpa ragu lagi saya melakukan laser retina. setelah melakukan laser retina memang efek-efek Visual Snow masih ada, tapi sekarang saya merasa lebih aman.

mungkin itu saja share dari saya, Semoga teman-teman di Indonesia yang mengidap Visual Snow dapat membaca postingan ini.


Salam

Diman
18 Juli 2019






Update :
Rabu, 3 November 2021,
Saat ini keadaan mata saya alhamdulillah baik2 saja, meskipun terkadang sering melihat titik2 warna biru / ungu yang kadang membuat mood hancur. tapi saya tetap kuatkan iman dan yakin semua akan baik2 saja. karna bagaimanapun vs memang belum ada obatnya. semoga para pembaca juga selalu dalam keadaan sehat.

Minggu, 24 Juli 2022
Halo semuanya, per hari ini keadaan mataku sangat baik-baik saja, mengenai floater tidak ada penambahan gejala, genangan air sudah lama menghilang, kunang2 pernah muncul tp itu bbrp bulan yang lalu, tinitus masih sama volumenya, percikan warna ungu pernah muncul tp sangat jarang, selebihnya aman. Semangat ya buat para VS Warrior










22 comments:

  1. gimana skarang kondisi penglihatannya

    ReplyDelete
  2. Saya pertama kali mengalami itu waktu SMA,, kira" 10 tahun yg lalu sampai skg. Dan emang gak pernah ada niatan untuk periksa ke dokter.
    Dari blog ini saya baru tau kalo kumpulan gejala itu istilahnya visual snow syndrom..
    Sudah pernah coba diperiksa ke dokter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah, sy di vonis retina tipis. akhirnya di laser. tapi belakangan baru tau ternyata retina tipis ga ada hubungannya dengan visual snow. tapi ya sudah terlanjur, minimal laser untuk mencegah hal2 yg tdk diinginkan.

      Delete
    2. Saya juga mengalami visual snow dan retina tipis. Sehabis laser, semua yg saya lihat sebelum laser masih ada. Jadi visual snow g bisa hilang ya? Lalu untuk mengetahui retina kita (karena pernah dilaser kan, jd takut ada penipisan lagi) itu berapa kali harus rutin cek up? Haris selalu pakai pelebar pupilkah?

      Delete
    3. Iya betul visual snow nya akan masih menetap, untuk tahu tipis atau tidaknya diperiksa lagi pake pelebar pupil minimal setahun sekali

      Delete
  3. Saya waktu abis liat langit liat kilatan petir, apakah itu termasuk gejala vss juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo yg diliat berupa kerlap kerlip seperti jutaan bintang yg bergerak-gerak, itu baru vss. klo baru lihat sekali kemungkinan beneran petir.

      Delete
  4. Ka masukin sy ke grup donk sy dah kirim email

    ReplyDelete
  5. Sy vs baru sadar skrg pandangan kyk tv statis

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah tv statis nya nampak 24 jam atau hanya ditempat redup saja?

      Delete
    2. Kalo di tempat redup saja gimana bang?

      Delete
    3. iya bisa jadi kena vs juga itu ... klo memang benar lihat statis klo redup

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Haloo kak boleh joinn di grupnya kak?🙂

    ReplyDelete