Tuesday, August 25, 2020

老马识途 (lǎo mǎ shí tú) - Kuda Tua Tahu Jalan

 


老马识途 
(lǎo mǎ shí tú) 
Kuda Tua Tahu Jalan

Negara Yan pada Musim Semi dan Musim Gugur (770 SM - 476 SM), berbatasan dengan Shan Rong, rumah kedaulatan di utara.

Suatu tahun, Shan Rong mendeklarasikan perang melawan Negara Yan, yang bekerja sama dengan Negara Qi, negara yang saat itu berkuasa. Raja Huan dari Qi dan Guan Zhong (reformis dan militeris terkenal)  membiarkan tentaranya untuk menyelamatkan Negara Yan.

Perang dimulai pada musim semi dan berlangsung selama hampir satu tahun. Akhirnya, mereka mengalahkan Shan Rong dan mengejar mereka ke Negara Bagian Guzhu. Saat itu, sudah musim dingin. Tentara Qi tidak terbiasa dengan medan di Negara Guzhu.

Suatu hari, mereka memasuki sebuah lembah yang dikelilingi oleh pegunungan yang tinggi yang membuat mereka tersadar kalau mereka sedang tersesat

Raja Huan dari Qi sangat cemas dan mengirim beberapa regu pasukan untuk membantu mereka. Namun, bagaimana caranya menemukan jalan keluar saat dikelilingi pegunungan tinggi? Tentara Qi berkeliaran lagi dan lagi di lembah, tetapi tidak dapat menemukan jalan keluar. Jika mereka tidak bisa keluar, mental prajurit akan terguncang, dan bahkan lebih buruk lagi mereka kemungkinan besar akan diserbu oleh musuh. Raja Huan dari Qi sama cemasnya dengan kucing di atas batu bata panas, tetapi tidak bisa menemukan ide.

Tiba-tiba, Guan Zhong berkata kepada Raja Huan dari Qi, “Seekor kuda tua mungkin tahu jalannya. Kita bisa memilih beberapa kuda tua, dan membiarkan mereka berjalan di depan. Mari kita coba apakah kita bisa keluar dari sini. "

Raja Huan dengan sangat senang berkata, “Ide yang bagus! Lakukan saja!"

Guan Zhong memilih sepasang kuda tua, melepaskannya dan menyuruh mereka berjalan di depan. Kuda-kuda tua itu melihat sekeliling dan kemudian berjalan di sepanjang lereng bukit. Akhirnya Tentara Qi bertemu kuda-kuda itu dan mengikuti mereka hingga akhirnya bisa keluar dari lembah!

* pepatah ini mengacu pada orang-orang yang sudah berpengalaman sehingga dapat dijadikan sebagai pemimpin / pemandu dalam hal-hal yang sudah ia kuasai.


No comments:

Post a Comment