Sunday, August 30, 2020

投笔从戎 (tóu bǐ cóng róng) - Meletakan pena, Mengambil pedang

 


投笔从戎
tóu bǐ cóng róng
Meletakan pena, Mengambil pedang

Ada seseorang bernama Ban Chao di Dinasti Han Timur (25-220).

Sebagai seorang sarjana, Ban Chao ingin menjadi orang yang berpengetahuan. Karena keluarganya miskin di Kota Xianyang, Provinsi Shaanxi, dia kemudian pindah ke Kota Luoyang di Provinsi Henan untuk mencari nafkah.

Karena tidak kunjung mendapatkan pekerjaan, Ban Chao pergi ke organisasi pemerintah dan menyalin dokumen untuk mendapatkan uang. Dia menggunakan gajinya untuk memberi makan dirinya dan ibunya yang sudah tua, kehidupannya sangat sulit.

Suatu hari, dia merasa pekerjaan menyalin dokumen sangat membosankan, ia merasa tidak ingin lagi menjalani kehidupan yang biasa-biasa saja. Dia berkata, “Orang hebat harus belajar dari Fu Jiezi dan meniru Zhang Qian, mereka mendapat pahala di tempat terpencil untuk memenangkan gelar bangsawan.”

Lalu ia membuang kuas tulisnya, dan bergabung dengan tentara. Kemudian, dia akhirnya menjadi seorang jenderal yang diperintahkan untuk mempertahankan Wilayah Barat selama 31 tahun, ia bahkan mengalahkan pemberontakan yang dilakukan oleh bangsawan Hun beberapa kali, dan menjadi seorang jenderal terkenal di Dinasti Han Timur.

Cerita ini berasal dari Kronik Akhir Dinasti Han: Biografi Ban Chao. Pepatah ini mengibaratkan para sarjana yang berhenti belajar akademis untuk bergabung dengan tentara.


No comments:

Post a Comment