Monday, August 24, 2020

后顾之忧 (hòu gù zhī yōu) - Takut dengan serangan dari belakang

 


后顾之忧 
(hòu gù zhī yōu)
Takut dengan serangan dari belakang

Selama pemerintahan Kaisar Xiaowen dari Dinasti Wei Utara (386-534), Li Chong menjabat sebagai perdana menteri. Dia setia dan mengabdi di pengadilan dan menangani berbagai hal dengan teliti dan benar. Kaisar sangat mempercayainya dan mempercayakan dia menangani tugas apa pun yang dianggap penting.

Kemudian suatu hari Li Chong meninggal. Kehilangan tangan kanannya secara tiba-tiba, Kaisar Xiaowen merasa sangat amat kesepian,vsangat tidak bahagia. Dia tidak tahu siapa yang bisa dia percayakan untuk menangani urusan negara.

Suatu hari, Kaisar Xiaowen keluar dan melewati makam Li Chong. Melihat makam ini, Kaisar teringat akan kesetiaan dan ketelitian Li Chong hingga membuatnya tidak dapat menahan kesedihan lagi. Dia berkata secara emosional, “Li Chong kau amat setia & dapat diandalkan. Kau bisa menangani tugas apa pun yang aku perintahkan. Bahkan saat aku memimpin tentara dan pergi berperang, aku tidak takut gangguan apapun selama kau yang mengatur urusan pemerintahan. Dan aku juga tidak memiliki kekhawatiran akan serangan di belakang. Sekarang kau telah meninggal, dan pada siapa aku dapat bergantung?  

Idiom Ini digunakan untuk menggambarkan seseorang yang merasa cemas dengan kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi di masa depan

No comments:

Post a Comment