Monday, August 24, 2020

打草惊蛇 (dǎ cǎo jīng shé) - Memukul Rumput Mengejutkan Ular

 


Di Zaman Dinasti Tang (618-907), seorang hakim daerah yang sangat rakus bernama Wang Lu menerima banyak suap dan melakukan korupsi. Sejumlah besar bawahannya juga belajar korupsi darinya, hingga menimbulkan kemiskinan pada rakyat jelata.

 

Suatu hari, seseorang mengiriminya petisi yang menuduh sekretarisnya melakukan praktik korupsi dan menerima suap. Hakim gemetar ketika dia membaca petisi, berpikir, "Bukankah ini berarti menuduh saya? Bukannya ini adalah kejahatan yang telah saya lakukan? Bagaimana mereka tahu? ”

 

Wang Lu sangat ketakutan sehingga dia lupa tugasnya dalam menangani kasus ini. Alih-alih memberikan penghakiman, dia tidak bisa menahan diri lalu dia menulis kata-kata ini : "Dengan memukul rumput, kamu telah mengejutkanku, karena aku seperti ular di bawah rumput!"

 

Ungkapan ini dimabil dari buku Despicable Things of the Southern Tang State. Arti aslinya adalah hukuman dapat berfungsi sebagai peringatan bagi orang lain... atau bahwa rasa frustrasi seseorang dapat menimbulkan ketakutan orang lain. Tetapi orang-orang sekarang menggunakan ungkapan ini untuk menunjukkan bahwa tindakan yang tidak hati-hati dan tidak tepat akan membuat musuh siaga.


No comments:

Post a Comment