Sunday, August 30, 2020

水落石出 (shuǐ luò shí chū) - Air Surut, Batu Muncul

 


水落石出 

(shuǐ luò shí chū)

Air Surut, Batu Muncul


Dahulu kala, ada seorang wanita yang juga seorang istri yang sangat baik hati, yang selalu dengan sukarela membantu mereka yang membutuhkan. Namun, suaminya selalu curiga istrinya melakukan hal-hal buruk.

Suatu hari dua bocah laki-laki kakak-beradik, yang kehilangan orang tuanya, datang ke keluarga ini dari tempat yang sangat jauh. Iba melihat mereka, wanita tersebut mengizinkan mereka tinggal di rumah.

Musim dingin tiba, dan angin dingin bertiup. Suatu hari, salju turun dengan lebatnya. Pada hari yang begitu dingin, dua kakak beradik itu sangat kedinginan hingga gemetaran karena pakaian mereka sudah rusak dan banyak yang bolong. Melihat mereka kedinginan, wanita itu  merasa kasihan lalu meminta mereka untuk masuk ke kamar untuk mengganti pakaian mereka sehingga dia memperbaiki pakaiannya sehingga mereka bisa tetap hangat.

Saat itu kebetulan suaminya pulang ke rumah dan langsung marah karena melihat dua laki-laki tidak memakai pakaian, dia merasa kecurigaannya selama ini benar. Suami nya itu langsung membanting pintu dan pergi.

Setelah sang suami kembali ke rumah, sang istri mengatakan kepadanya, “aku hanya ingin membantu mereka, tidak ada maksud lain. kamu tidak perlu meragukan ini atau itu. Pada akhirnya kamu akan tau kebenarannya, seperti batu yang akan muncul secara alami setelah air surut”

Cerita ini berasal dari Puisi Kuno: Yange Xing. Pepatah ini memiliki arti bahwa kebenaran akan muncul saat waktunya tiba.


No comments:

Post a Comment