Thursday, August 27, 2020

名落孙山 (míng luò sūn shān) - Peringkat Di Bawah Sun Shan

 


名落孙山 
(míng luò sūn shān)
Peringkat Di Bawah Sun Shan

Dahulu kala ada seseorang bernama Sun Shan dari Dinasti Song (960-1279). Suatu hari, Sun Shan mengikuti ujian kekaisaran, bersama anak tetangganya. Akhirnya, Sun Shan benar-benar berhasil, tetapi namanya menempati urutan terbawah di dalam daftar sedangkan anak tetangganya itu gagal, sehingga si anak tersebut sangat tertekan dan meminta Sun Shan pulang duluan.

Setelah Sun Shan kembali ke rumah, semua tetangganya datang dan mengucapkan selamat atas kesuksesannya. Si tetangga yang anaknya ikut ujian bareng Sun Shan mulai merasa khawatir karena anaknya belum pulang, lalu dia bertanya kepada Sun Shan, “Kenapa anak ku belum pulang? Bagaimana hasil ujian anak ku? " karena Sun Shan orang yang sangat humoris, dia tidak memberikan jawaban langsung, tapi menjawab dengan becanda, "Peringkat terakhir adalah Sun Shan, dan peringkat anak mu ada di belakang Sun Shan." Akhirnya tetangga nya tersebut tersadar bahwa itu berarti anaknya gagal.

Cerita ini diambil dari “A Record of Guoting.” Sekarang, orang menggunakan pepatah ini untuk mengibaratkan kegagalan dalam ujian atau penyeleksian.


No comments:

Post a Comment