Sunday, August 30, 2020

熟能生巧 (shú néng sheng qiǎo) - Latihan Membuat Sempurna

 


熟能生巧 
(shú néng sheng qiǎo)
Latihan Membuat Sempurna

Ada seorang pemanah hebat bernama Chen Yaozi di Dinasti Song Utara (960-1127).

Suatu hari, dia berlatih memanah di rumah nya dan berhasil menancapkan 9 dari 10 anak panah pada target. Para penonton bertepuk tangan dan berseru, "Pemanah yang hebat!" Chen Yaozi pun merasa sangat senang dan bangga dengan dirinya sendiri. Namun, seorang pedagang tua yang menjual minyak nabati hanya tersenyum dan memberikan respon yang biasa-biasa saja.

Lantas Chen Yaozi sangat marah, lalu bertanya “Apakah Anda juga seorang pemanah? Bagaimana pendapat Anda mengenai cara saya memanah? ” Pedagang itu menjawab dengan jujur, “Saya tidak tahu soal memanah. Tapi Anda melakukannya dengan baik. Namun, tidak ada rahasia apapun dalam memanah. Latihanlah yang membuatnya sempurna.” Chen Yaozi menjadi sangat marah, “Apa keahlianmu sehingga berani nya kau meremahkan keahlian memanah ku? ”

Lalu si pedagang itu mengambil tempat minyak, ditempatkan di tanah, lalu menaruh koin tembaga dengan lubang persegi di atas tempat minyak tersebut. Setelah itu dia menuangkan minyak dari sendok kayu ke dalam tempat tersebut tanpa menumpahkan setetes minyakpun pada koin itu. Orang-orang yang menyaksikan pedagang tersebut langsung bertepuk tangan dan bersorak-sorai, namun si pedagang tersebut berkata “Tidak ada yang spesial dari yang kulakukan ini, aku hanya telah terbiasa melakukannya”

Chen Yaozi pun menjadi merasa sangat malu. Sejak saat itu, dia tidak pernah sombong lagi dengan keahlian memanahnya.

Cerita ini berasal dari Catatan Kehidupan Desa yang ditulis oleh Ouyang Xiu. Pepatah ini kemudian sering digunakan sebagai pengingat bahwa dengan latihan, seseorang dapat menjadi ahli.


No comments:

Post a Comment