Friday, August 21, 2020

百闻不如一见 (bǎi wén bù rú yí jiàn) - "Lebih baik melihat satu kali daripada mendengar ratusan kali"

 

Picture From : m.tianqijun.com


百闻不如一见 

bǎi wén bù rú yí jiàn

"Lebih baik melihat satu kali daripada mendengar ratusan kali"

 

Pada masa pemerintahan Kaisar Xuandi dari Dinasti Han Barat (206 SM-25 M), suku Qiang (salah satu etnis minoritas pada saat itu) sering muncul dan menghilang di daerah perbatasan barat laut; mereka mengganggu penduduk, menyerang kota-kota dan membunuh para pejabat. Mengetahui hal tersebut, pengadilan pun segera menggelar rapat untuk membahas langkah-langkah penanggulangan. Semua menteri menganjurkan segera mengirimkan pasukan untuk menggertak orang-orang Qiang. Namun, ketika Kaisar Xuandi bertanya siapa yang bisa memimpin pasukan seperti itu, tidak ada yang menjawab. 

Lalu seorang jenderal berusia 76 tahun bernama Zhao Chongguo maju dan berkata bahwa dia ingin pergi ke daerah perbatasan barat laut untuk melakukan pengintaian. Kaisar Xuandi sangat senang dan berkata kepadanya, “Berapa banyak pasukan, senjata, dan perbekalan yang Anda perkirakan akan Anda butuhkan? Tolong beritahu aku!" 

Zhao Chongguo berkata, “Sulit untuk memprediksi nya dengan akurat , karena aku tidak mengetahui situasi sebenarnya seperti apa, maka lebih baik aku melihatnya sendiri daripada mendengar berkali-kali dari orang lain. Aku ingin pergi sendiri ke sana dan melihat serta mengamati situasinya. Setelah itu aku akan memberitahu Yang Mulia. "

Zhao Chongguo pergi ke Kabupaten Jincheng di barat laut China untuk mempelajari lokasi tersebut dan menyeberangi Sungai Kuning untuk memata-matai situasi di daerah Qiang. Dia juga berhasil mendapatkan informasi penting dari mata-mata lainnya, lalu ia memiliki strategi baru, yaitu mengirim pasukan ke perbatasan hanya untuk berjaga, bukan melakukan serangan, dan dia juga menyarankan strategi lain yaitu membuat hubungan yang harmonis dengan pasukan Qiang. Tapi , Kaisar Xuandi dan menteri lain tetap ingin menyerang pasukan Qiang.

Zhao Chongguo tidak setuju dan terus berdebat hingga kemudian ia menyampaikan 12 keuntungan dari strateginya dan 12 kerugian dari penyerangan. Setelah Zhao menyampaikan hal tersebut berkali-kali, proporsi menteri yang mendukung Zhao Chongguo secara bertahap meningkat menjadi lima persepuluh dari tiga persepuluh dan akhirnya menjadi delapan persepuluh. Kaisar Xuandi, akhirnya, menyetujui usulan Zhao Chongguo. Alhasil, hasil dari usulan Zhao tersebut ternyata membawa situasi damai dan harmonis antara orang Han dan orang Qiang, sehingga hubungan menjadi stabil.

Inti dari idiom ini adalah lebih baik melihat sendiri daripada mendengar berkali-kali dari orang lain.


No comments:

Post a Comment