Monday, August 24, 2020

华而不实 (huá ér bù shí) - Berbunga tapi tidak berbuah

 



华而不实 
(huá ér bù shí) 
Berbunga tapi tidak berbuah

Selama Musim Semi dan Musim Gugur (770 SM-476 SM), Yang Chuwen, seorang pejabat senior Negara Jin, telah pergi ke Negara Wei untuk misi penyelidika, dan saat melewati Kota Ning di Negara Bagian Lu ada seseorang bernama Ning Ying di Kota Ning menghalangi jalannya, dengan maksud agar bisa bekerja sebagai pejabat di Negara Jin dengan bantuan Yang Chuwen.

 

Mereka berjalan selama beberapa hari, tetapi ketika mereka sampai di daerah Wen, Ning Ying tiba-tiba menghilang. Yang Chuwen tidak tahu kemana perginya Ning Ying.

 

Ternyata, Ning Ying merasa Yang Chuwen berperilaku buruk sehingga membuatnya ingin kembali ke rumah.

 

Istrinya keheranan dan bertanya kepadanya, "Bukannya kamu ingin mengikuti Yang Chuwen ke Negara Jin ya, tapi baru setengah jalan kenapa balik lagi?"

 

Dia menjawab, “Yang Chuwen itu orang yang terlalu percaya diri dan ekstrim. Selain itu, dia juga suka membual, dan tidak melakukan hal-hal yang nyata. Orang semacam ini suka memamerkan semua barangnya di jendela, dan berbicara dengan cerdas tetapi tidak bijaksana. Kalau begini terus, dia akan dimusuhi oleh banyak orang. Dia mungkin tidak akan mati secara wajar karena kekurangannya ini, kalau aku ikut dia, bukannya untung malah yang ada dirugikan, jadi oleh sebab itulah aku meninggalkannya”

 

Setahun kemudian, Yang Chuwen terbunuh.

 

Idiom ini biasanya digunakan untuk menggambarkan seseorang yang terlihat baik diluar, tetapi busuk di dalam. Atau juga mengacu pada orang yang perbuatannya tidak seindah ucapannya.  


No comments:

Post a Comment