Thursday, August 20, 2020

百发百中 bǎi fā bǎi zhòng - Seratus kali tembakan, Seratus kali tepat sasaran

 


Picture from Youtube Channel : 半頁有聲繪本CLOV Picture Book


发百中

bǎi fā bǎi zhòng

 

Seratus kali tembakan, Seratus kali tepat sasaran

 

 

Pada Musim Semi dan Musim Gugur (770 SM - 476 SM) ada seorang pemanah terkenal di Negara Bagian Chu yang bernama Yang Youji.

 

Suatu ketika, Jin Ligong (Adipati Li dari Jin) menyerang Negara Zheng. Chu Gongwang (Raja Gong dari Negara Chu) mengirim pasukan untuk membantu Negara Zheng dan bertemu dengan tentara Jin di Yanling. Dalam pertarungan berikutnya, seorang jenderal dari Negara Jin bernama Wei Qi melihat Chu Gongwang dan menembakkan panah ke matanya. Chu Gongwang, yang membenci Wei Qi, memberikan dua anak panah kepada Yang Youji, berkata, "Tembak Wei Qi sampai mati untuk membalas dendam padaku." Tanpa sepatah kata pun, Yang mengambil panah itu dan pergi. Setelah beberapa saat, dia kembali dengan satu anak panah tersisa dan menyerahkannya kembali kepada Chu Gongwang. Hanya satu anak panah yang dia butuhkan untuk membunuh Wei Ji.

 

Cerita ini berasal dari Strategies of the Warring States. Idiom Ini biasanya merujuk pada keahlian menembak yang sempurna. Dapat juga juga merujuk pada akurasi yang tinggi dalam memprediksi situasi, sehingga berhasil menangani urusan politik atau bisnis.


No comments:

Post a Comment