Friday, April 5, 2019

Latihan Meditasi


hallo semuanya, jadi hari minggu kemarin, tepatnya tanggal 31 Maret 2019, aku berkesempatan mengikuti kelas meditasi gratis di Bogor yang diselenggarakan oleh Ehipassiko Foundation, yayasan yang salah satu bidangnya adalah mengajarkan meditasi.

dengan pemateri yang lucu dan kocak (Romo Handaka Vijjananda), rasanya belajar meditasi nya lebih santai, lebih seru pastinya, dan ga tegang, teknik meditasi yang diajarkan pun bermacam-macam, ada yang teknik standar (mengamati nafas). ada yang mengamati suara dari luar, mengamati cahaya dll, semua dipraktekan.

ternyata memang tidak mudah, mengingat pikiran kita selalu kesana kemari, mondar-mandir, sulit kita kontrol, diperlukan kebiasaan dan latihan yang tiada henti, memang latihan meditasi ini sangat cocok bagi aku yang memang sulit konsentrasi, sulit fokus.. makanya memang tujuan utama aku sih at least bisa konsentrasi dengan lebih baik, atau minimal refresh otak buat ngurangin stress, karena orang-orang yang sering meditasi yang aku kenal, mereka nampak kalem, santai, pokoknya enak deh deket mereka. dan akupun belajar meditasi ga ada niatan pengen terbang, pengen liat alam lain (ewwww) pokoknya ga mau yang aneh-aneh, takut ah hehehehe

tapi sejauh ini meditasi terbaik yang paling mudah aku lakukan adalah sambil mendengarkan instrumen piano, aku merasa bisa lebih fokus dan tenang.



No comments:

Post a Comment