Monday, August 24, 2020

后生可畏 (hòu sheng kě wèi) - Generasi Muda Juga Harus Dihormati

 

picture is from : kuaibao.qq.com

后生可畏 
(hòu sheng kě wèi)
Generasi Muda Juga Harus Dihormati

Konfusius adalah seorang Filsuf Tiongkok kuno sekaligus pendidik yang sering bepergian ke berbagai tempat untuk mempublikasikan teorinya.

 

Suatu hari saat di perjalanan, ada seorang anak kecil yang tiba-tiba berdiri di tengah jalan, Konfusius langsung meminta pengemudinya untuk berhenti. Konfusius berkata kepada anak itu, "Bisakah kamu memberi jalan untuk kereta kudaku?" Anak itu menunjuk ke jalan, berkata, "Tidak bisakah kamu melihat bahwa ada kastil di sini?" Ia menunjuk pada sebuah kastil kecil yang terbuat dari lumpur. Anak itu melanjutkan, “Yang saya tahu, kereta kuda lah yang harus mengelilingi kastil, bukan kastil yang harus mengelilingi kereta kuda " Konfusius sangat terkejut dan berkata dengan kagum, “Di usia yang begitu muda, kamu sepertinya tahu banyak”

 

Anak itu mengangkat kepalanya dan menatap langsung ke Konfusius. Dia berkata, “Saya mendengar ikan bisa berenang segera setelah mereka lahir. Kelinci bisa berlari pada hari ketiga setelah lahir. Semua itu fenomena alam. Usia tidak membuat perbedaan. ” Mendengar ini, Konfusius merasa perkataan anak itu masuk akal dan berkata secara emosional, "Oh, anak-anak muda hari ini benar-benar luar biasa."

 

Konfusius meminta pengemudi kereta untuk melewati kastil anak itu.

 

Idiom Cina ini dikutip dari The Analects. Artinya, bahkan seorang anak pun harus dihormati. Generasi muda yang penuh semangat muda seringkali akan melampaui kehebatan orang yang lebih tua.


No comments:

Post a Comment