Sunday, June 16, 2019

Pengalaman Laser untuk Retina Yang Tipis


Jadi sejak awal mei, saya merasa penglihatan saya ada yang ga beres, yaitu dengan muncul nya titik cahaya yang bersinar yang menyerupai kunang-kunang, sebenarnya dari dulu mata saya memang ada floaters nya, tapi sekarang saya panik karena muncul nya kunang-kunang itu, saya takut gejala tersebut adalah flash yang mana itu adalah tanda nya ada robekan pada retina. sejak itu hidup saya berubah menjadi penuh kekhawatiran, gairah hidup mulai menurun, tiap hari dihantui kecemasan, saya merasa hidup saya sudah rusak, karena bagaimanapun mata adalah jendela dunia, dan terlebih lagi hobi saya didepan laptop, dengan adanya gejala mata ini saya adi parno untuk melihat laptop dan handphone.

lalu sayapun pergi ke beberapa dokter, berikut urutan dokter yang saya kunjungi :

1) dokter pertama yang sy kunjungi adalah dokter indira di Bogor Eye Center, saat itu saya tdk bisa diperiksa retina karena beliau bilang mata saya masih merah, kedua kalinya sy datang beliau juga tidak bisa memeriksa mata sy karena mata masih merah

2) akhirnya saya memutuskan berobat ke dokter lain, yaitu dokter Manoa Panjaitan, disini beliau mau memeriksa retina saya, prosedur pemeriksaan adalah pertama ditetesi obat pelebar pupil, lalu mata saya diperiksa dengan suatu alat, dan mata sy disinari dan dokter memakai seperti kaca pembesar, hasil pemeriksaan nya ternyata menurut dokter Manoa mata saya mengalami penipisan retina dibeberapa spot, tp masih aman, beliau menyarankan saya jangan olahraga yang berat dan menghindari benturan di kepala, akhirnya saat itu pun pulang dengan perasaan agak nyaman, karena setidaknya mata sy masih aman, walaupun ada penipisan pada retina

3) karena saya merasa belum sepenuhnya tenang karena ada penipisan pada retina saya, akhirnya pada tanggal 14 Juni 2019 saya memeriksakan mata lagi ke cicendo bandung, disana saya diperiksa oleh dokter Grimaldi, setelah diperiksa beliau bilang bahwa kedua mata saya bagian kiri dan kanan nya sudah tipis dan beresiko robek, maka pada saat itu mata saya pun langsung di laser dua2nya.
saat laser rasanya tidak sakit, hanya sangat silau, silaunya benar-benar menggelitik mata saya yang membuat saya berpikiran akan segera pingsan, tapi syukurlah berhasil melewati itu semua.
setelah laser penglihatan sempat gelap alias berwarna merah tua, tapi bbrp menit kemudian normal kembali. lalu saya diberi obat tetes Noncort Diclofenac Sodium yang diteteskan 4x sehari 1 tetes.

setelah laser penebalan retina memang mata saya jadi tidak mudah lelah seperti sebelumnya, hanya saja mata sy masih agak kerasa linu disebelah kiri atas, mungkin masih efek dari laser retina tersebut atau entahlah semoga segera hilang rasa linu tersebut.
dan floater serta kunang-kunang masih belum juga hilang, mungkin memang tidak akan hilang, dan muncul gejala baru, yaitu kedipan (fotopsia) / bayangan genangan air dipinggir kanan mata saya yang sebelah kanan.. mungkin efek samping laser retina,
ya sudahlah saya mencoba ikhlas, tapi kan seenggaknya sekarang retina saya aman karena sudah dilaser, walaupun tetep harus rajin dikontrol.
tanggal 22 Juni 2019 ini rencana nya saya akan cek up lagi, semoga hasil nya bagus.


update :

22 Juni 2019, akhirnya saya melakukan pengecekan kondisi retina, masih dengan dokter Grimaldi Ihsan, saat beliau cek, kondisi kedua mata saya aman, hasil laser bagus, dan gejala kedipan (fotopsia) / bayangan genangan air yang saya lihat adalah akibat pencairan gel vitreus di mata saya, yang mana kata beliau ini seharusnya terjadi di usia tua, hanya karena mata sy minus jadi terjadi lebih cepat, tapi kata beliau jangan terlalu dikhawatirkan, karena bukan sesuatu yang berbahaya. Dan beliau meresepkan saya Obat tetes mata Vitrolenta 2 botol yang dipakai 3x sehari, harus habis.


30 Juni 2019, genangan air di mata sy masih nampak, hanya tidak terlalu mengganggu, biasanya muncul setelah saya pergi dari luar ruangan dan masuk ke dalam rumah.
tapi linu dan sakit di mata akibat laser retina sudah tidak saya rasakan, mata pun sudah tidak merah lagi.


21 Juli 2020, sampai detik ini keadaan mata saya sangat baik-baik saja, gejala-gejala seperti floaters, bintang kecil memang masih sering ada, tapi sudah tidak terlalu membuat khawatir, oya gejala-gejala yang saya alami hampir mirip dengan sindrom penglihatan bersalju alias Visual Snow, mungkin buat yang penasaran apa itu Visual Snow bisa Klik Disini

20 Agustus 2021, keadaan mata semakin membaik, genangan air atau kedipan hampir sudah bisa dipastikan hilang. yang mengganggu saat ini tinggal bright spot atau cahaya kecil yang membekas dan hilang dalam bbrp detik, tp itu pun sudah sangat jarang sekali. Mungkin karena akhir2 ini rutin senam dan olahraga-olahraga ringan, jadinya perederan darah lancar sehingga berpengaruh juga ke kesehatan mata.

salam

61 comments:

  1. Wah kok bisa ya pak?
    apakah karena lasernya warna nya hijau

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ya, yg jelas silau banget, tapi sudah diteteskan obat bius jadi tdk terasa apa-apa saat dilaser

      Delete
  2. Sekarang bagaimana kabar matanya gan? Apakah floatersnya masi ada? Sy jg ada keluhan floater trs kata dokter akan di laser, tp setelah corona selesai....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai... apakah sudah jadi di laser?? Hari ini saya periksa mata yang kedua karena floaters, dan dokter menyarankan untuk laser, tp blm berani... untuk yang sudah laser apakah sudah ada yg berhasil?

      Delete
    2. Agan laser retina atau floater kalau floater saya boleh tau berpa harganya

      Delete
    3. Hai bro Jujuk, mata saya alhamdulillah sehat-sehat saja, floaters masih ada, dan sepertinya ga akan pernah hilang...jika memang dokter menyarankan utk dilaser, lebih baik ikuti saja, demi ketenangan dan biar aman juga

      Delete
    4. saya punya masalah yg sama di mata kiti. Barusan td jam 11 dilakukan laser retina. Puji Tuhan, penglihatan saya jadi makin baik. Flashes dan floater msh ada sedikit saja. Semoga lama lama hilang

      Delete
  3. Bagaimana kondisi matanya sekarang? Saya juga ada penipisan retina di kedua mata saya, katanya belum perlu dilaser. Tp bener2 seperti hidup dalam kecemasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo belum terlalu parah tipis nya, ikutin dulu saja kata dokter, jangan dilaser dulu, hanya penting sekali untuk rajin memeriksa kan retina minimal 5 bulan sekali. untuk jaga-jaga. karena kita tdk tau kapan penipisannya akan melebar

      Delete
  4. Berapa biaya operasilasernya mas ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicicendo bandung sih 1 mata ga sampe 1,5jt...

      Delete
    2. Mksh dah dbls.. aku jg mnderita retina tipis krn minus diatas 10 :') bleh minta alamat emailnya tuk sharing2 masalah ginian

      Delete
    3. boleh, silahkan email ke dimannurjaman92@gmail.com

      Delete
  5. Haloo mas diman sy jg didiagnosa dokter mengalami retina tipis dan dianjurkan untuk laser retina, saya juga mengalami pencairan gel vintreus dan diberikan vitrolenta, saya smp stres menghadapi penyakit ini, mau laser takut juga tp kalau nggak di.laser lebih menakutkan ..terima kasih atas sharingnya berguna sekali untuk saya.. btw apakah smp skrg gelembung mata msh ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya haloo... gelembung mata tu maksudnya floater ya? masih ada sih, cuman nampak pas lg berkendara siang2 aja..
      sbnrnya memang biar tenang sebaiknya di laser, untuk jaga2 saja.

      Delete
    2. masih ada, nampak terutama dari tempat gelap ke terang

      Delete
  6. Halo kak nama aku Elbert umur 16 tahun dengan mata kiri minus 6 silinder 0.50 dan mata kanan minus 5 silinder 1 aku kemarin bulan 11 di bikabg dokter retina aku ada bgaian yang tipis di kedua mata tp masih belum dianjurkan laser aku sekarang takut kak karena saat malam pas ngeliat cahaya lampu mobil maupun lampu ada silauan bintang gitu dan flashes juga muncul kalo mata aku lelah gtu aku maunanya kak efek samping laaer apa kak dan apa kalo habis di laser flashes itu bisa hilang dan apa sensirif sama cahaya nya busa hilang kak dan apa betul kalo laser mata bisa biki. kehilangan pandangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Elbert, klu memang tipis ada baiknya retina km di laser aja, biar aman & km juga jadinya ga was-was. tp coba konsultasikan lagi dgn dokter.

      Delete
  7. Saya Victorys Waruwu, kemarin tgl 23 Desember 2020 sy juga operasi Laser Mata di RS SMEC Medan, dan sy kontrol lagi nanti tgl 26 Januari 2021, yang saya tanyakan setelah kontrol nanti tgl 26 januari 2021, bagusnya kontrol berapa bulan lagi atau adakah tindakan operasi lagi,terimakasih sebelumnya 🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo saya waktu itu disuruh kontrol setahun sekali mas...

      Delete
    2. Halo bg. Aku jg pngen laser tpi mash nggu jadwal dr. Christine.
      Kmren di smec medan abg di laser sama dr apa ya? Apa aja persiapan sebelum bisa di laser bg? Apa ada pengaruh tensi atw kesehatan? Soalnya aku sering PP siantar medan utk cek matanya.

      Delete
    3. halo mas Tamba, untuk tensi ngaruh ya klo mau laser, sebisa mungkin tensi nya harus lagi rendah... itu saja persiapannya. dan sy kemarin di laser di RS mata Cicendo Bandung

      Delete
  8. Makasih masukanya mata saya yg kanan udah operasi retina tapi masih rusak yg mata normal suka ada bintik2 kunang2 panik

    ReplyDelete
    Replies
    1. operasi retina karena ablasio atau karena tipis saja? sy sampe skr gpun masih sering liat kunang2

      Delete
  9. Halo mas Diman. Saya juga baru laser mata belakangan ini.. Tapi setelah laser kok sy merasa kacamata sy jd ga cocok ya.. Kalo dipake plek nempel dihidung malah pusing, harus dijauhin gitu.. Apakah mmg laser membuat visual kita lbh baik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga mba Mufida, saya malah baru denger ada kasus seperti ini, klo memang visual jadi lebih baik, lumayan ya mba bersyukur bgt. karena sepengalaman sy dan yang lain, penglihatan masih ttp sama...minus nya tidak nambah juga tidak turun

      Delete
  10. Mas saya jg sedang hamil dan disuruh cek retina supaya bs tau bisa lahiran normal / tdk.. Tp setelah di cek dr dokter mata menyuruh laser Krn retina sya jg tipis. Apakah prosesnya lama ya? Kira" brp lama di laser itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mbak Rere.. Bantu jawab ya.. Kebetulan sy juga kasusnya persis.. Pengalaman sy sebentar kok mbak. Sy waktu itu sdh 30 week. Krn sy pake bpjs jd tindakannya ga bisa sekaligus dan prosedurnya agak mbulet (dr dokter mata umum ke sp syaraf retina baru laser kanan terus laser kiri) kurang lebih 3 mingguan lah selesai semua prosedur. Tinggal kontrol bulan dpn.

      Delete
    2. Hallo Mbak Rere... prosesnya klo sy pribadi di RS Cicendo Bandung hanya memakan waktu kurang lebih 15 menit.

      Delete
  11. Bang kalo boleh tau minusnya berapa?
    Jadi saya juga sempat didiagnosis retina tipis oleh seorang dokter mata kebetulan dia spesialis glaukoma. Nah krena kurang yakin dia merujuk saya ke rumah sakit sanglah, disana saya diperiksa 3 spesialis retina ( 1 residen, dan 2 konsultan). Mreka smua mengatakan kalo mata saya sehat2 saja normal, tapi saya msih ragu. Mnurut masnya gimana? Tolong sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo lebih banyak dokter yang bilang matanya normal mending ikuti saja, daripada nanti dilaser padahal matanya udh normal, kan sayang... mas william tp ga ngerasain gejala yang aneh2 kan skrg dimatanya?

      Delete
    2. gejala yg aneh ya floaters yg banyak, sama krena saya pny rasa takut berlebihan saya jd mikir kalo saya retina saya kenapa2. kadang liat ada cahaya dikit mikirnya ada kilatan

      Delete
    3. sama, dulu sy juga jadi parnoan :(

      Delete
    4. Saya juga krn abis ablasi retina maka kanan.. tiap mata kir8 ada floatera..sy jadi parnoan..pdhl ya floatersnya ttp aja..huhuhuhu
      .semangat semua.. yg disuruh laser hangan bandel.. retina robek itu gak enak..sy udah ngalamin di mata kanan..coba sy tau ada disuruh laser psti udah laser drdulu biar gk smpe robek

      Delete
  12. Hai kak, salam kenal..
    Kak, mau tanya dong stelah tindakan laser itu brp lama proses recoverynya ? Krn aku disarankan dokter utk laser retina, trs kondisi aku juga sedang hamil 36w, pengennya persalinan normal tapi takut gak keburu khawatir recoverynya butuh waktu lama... Trs kira2 masih bisa pake softlens gak yaa pasca laser retina ? Atau malah gak disarankan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo salam kenal juga, laser retina ini operasi kecil kak, jadi besok nya juga sudah mulai bisa beraktivitas normal lagi, tp memang jangan dulu angkat yang berat2 (diatas 5kg), tp nanti ditanya lagi aja ke dokter yang laser nya ya, atau dokter persalinan nya juga...
      mengenai pemakaian softlens biasanya 1 minggu setelah laser karena masih harus pakai obat tetes dari dokter

      Delete
  13. Thx sharingnya. Untuk perkembangan sejauh ini apakah ada side effect lain? Floater apakah bertambah tidak ya? Saya juga disarankan untuk laser retina ini. Ketahuannya malahan karena mau lasik saat screening ketauan retina tipis. Sebelumnya memang ada floater tp ga pernah diperiksakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejauh ini floater masih sama seperti wkt laser...side effect lainnya kedipan dipinggir mata, jika disebelah penglihatan ada lampu/cahaya lain...selain itu sih ga ada lagi.

      Delete
  14. Hallo, 6bulan yang lalu saya juga laser retina gara2 retina tipis. Kemarin 2bulan lalu checkup lagi kata dokter bagus, tapi kenapa saya sering melihat cahaya berkedip gitu ya di pinggir mata, apalagi jika membuka mata pelan2 terasa sekali kedipannya, apakah itu berbahaya gan? Apa agan juga mengalami hal seperti itu? Mohon sharingnya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama... saya sdh 2 thn pasca laser juga masih sering ngeliat kedipan dipinggir2 mata yg kadang mirip riak air, dokter sy bilang karena vitreus mencair, tp yang jelas sampai saat ini mata saya baik2 saja tdk ada masalah, walopun yaa kdg masih sering bete klo ngeliat floater, bluefield dkk

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Kak, umur saya 16 tahun, di kedua mata saya juga ada floaters, tapi udah dari dulu kak waktu masih kecil , tapi semenjak saya tahu kalo itu namanya floaters kok jadi berasa banyak ya wkwk, saya gak minus, gak pernah cedera pada mata & juga gapernah olah-raga berat, apakah itu hanya mata lelah akibat saya main gadget seharian/ kondisi lain yg sangat serius ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada baiknya periksa dulu ke dokter, tp klo hanya floater sy rasa itu sudah umum.

      Delete
  17. Siang mas diman .saya mau minta no wa nya mas diman .bisa gak ..kmrn saya email blm di bls .trima kasih

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Salam mas, sy lega, senang, dan merasa sperti tidak sendirian setelah membaca postingan mas. Mata sy memang minus sejak lama mungkin awal 2020 sudah mendekati -2 kiri kanan.

    Visual snow yg sy alami sprti floaters atau bintik2 sprti semut ktika melihat langit sy tahu bhwa itu umum terjadi. Tapi sejak di awal pandemi sy mengalami kondisi lanjutan seperti yg Mas jelaskan yaitu "genangan air" Yg muncul setiap kali sy pindah dari tmpt terang-gelap atau sebaliknya. Bahkan ketika sy membuka mata saat bangun tidur. Karena kan mata merem lalu melek kena sinar layaknya pindah dari ruangan gelap-terang. Selebihnya sesuai deskripsi yg sma persis di postingan Mas. Disini Sy jg alami kecemasan amat2 sangat. Acapkali akan memasuki ruangan atau apapun aktifitas saya lakukan dengan kehati2an. Intensitasnya mata kiri>mata kanan

    Sepanjang 2020 sy coba adaptasi sembari mensuplai vitamin A lewat suplemen/wortel dll dgn aturan pastinya. Sy beranikan utk mengenal kondisi apa yg alami tsb. Sy bersukur tidak ada gejala2 berkelanjutan sprti pusing mual atau apapun (setidaknya beberapa ini yg saya catat). Namun....kurang lebih 14 bulan tidak ada satu hari pun sy lewati tanpa rasa kawatir.

    Lama kelamaan kondisi ini memang tidak seagresif awal2. Katakanlah dari 90% turun ke 70% sampai awal januari 2021. Meskipun secara psikologis cemas/kawatir berlebihan ttp ada dan sukar melepaskan diri dari kecemasan ini. Dan sy mendekati keputusan utk menerima saja keadaan yg "new normal" Juga di tubuh saya.

    Ternyata Maret-mei kemarin sy optimis mngkin kondisi ini sudah hilang spenuhnya karena memang tidak muncul lagi.

    Akan tetapii masuk 1-2 minggu Juni, kondisinya muncul lagi, uniknya sangat2 random cth tidak setiap waktu sy maduk terang-gelap bahkan tdk setiap hari.

    Akhirnya sy putuskan ke spesialis mata. Dari rankaian pemeriksaan, dokter menggarisbawahi bahwa semuanya masih aman. Retina aman. Saya menurungkan saran dokter untuk treatment membuka pupil lebih lebar karena resah efek buram selama 6 jam. Tapi saya berpegang hasil pemeriksaan bahwa tidak ada indikasi yang lebih serius disana.

    Kondisi tsb, diabaikan saja katanya. Lebih faktor penuaan terlebih lagi karena saya minus. Tidak semua mengalami sebelum usia lanjut tapi jika mengalami ya itu lumrah. Akhirnya Diresepi 1 botol Vitrolenta ditetes 4x sehari gunakan sampai habis. Skrg sudah abis

    Sampai sekarang"genangan air" Tadi masih ada. Mubgkin sekitar 30% masih muncul.
    Tapi skrg lebih berani-tenang dan mengutip kata kata mas, menerima mereka sebagai bagian dari kehidupan kita. Semoga tidak ada keluhan2 yang berlebihan dari yang kita alami masing2,

    Terima kasih sudah berbagi, terima kasih mengajarkan utk saling support dan salam sehat selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sudah sharing, semoga sehat selalu untuk kita semua. Amin

      Delete
  20. Mas apakah masih mengalami melihat kunang² ? Karena saya 2 bulan lalu laser, masih ada kunang², floaters dan sinar bintang kalau lihat lampu😩

    ReplyDelete
    Replies
    1. laser memang tidak akan menghilangkan gejala2 tersebut, tapi mencegah sesuatu yang lebih buruk.

      Delete
  21. Mas apakah maish melihat kilatan cahaya? Sy sudah dilaser 2 bulan lalu masih liat semua yg saya lihat sebelum saya dilaser🥺

    ReplyDelete
    Replies
    1. gejala2 sebelum dilaser masih terlihat kok. tp sampai skrg ga ada tanda2 penambahan gejala

      Delete
  22. Kak sudah saya email ,tp belum dibalas

    ReplyDelete
  23. Saya juga menajalani lasik penguatan karena tipis, tp yg mau saya tanyakan apakah utk floatersnya ada mengalami peningkatan? Seperti berkurng atau semakin tak terlihat? Trmksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, untuk floaters masih sama saja klo di mata saya.
      thanks

      Delete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Kak kemarin saya habis di laser, setiap saya melihat benda dengan jarak 15cm agak blur+mata saya terasa linu, kakak waktu itu begitu juga kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah coba tanya ke dokternya?
      jangan panik dulu ya coba minta jawaban dokter dulu,
      soalnya utk saya pribadi sy tdk ada masalah dgn jarak, misal jadi blur, itu ga ada. tp klo linu sy juga rasain, dan seperti nya itu wajar

      Delete
  26. Halo pak saya mau bertanya, saya hari jumat minggu depan akan operasi laser mata karena muncul floaters di mata saya, apakah sampai sekarang floaters di mata bapak masih ada? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete