Friday, July 22, 2016

Pengalaman Sidang di BSI Kramat 168 (2016)

20 Juli kemarin, tiba waktunya saya sidang. saya sudah sangat menanti-nanti hari ini, karena hati dan perasaan saya sangat galau sekali kalo belum sidang, makan tidak nafsu, tidurpun tidak nyenyak :( wkakaka ini serius loh... soalnya sidang ini kan menentukan belajar kita selama 3 tahun, antara lulus atau tidak lulus, antara dapat gelar amd, atau gelar M.Ab (mahasiswa abadi), mungkin itu lah yg membuat saya sgt nervous menghadapi sidang ini.

Okay singkat cerita, sampai juga di tanggal 20, setelah mempersiapkan semua persyaratan yg harus dibawa (surat pernyataan wisuda, kartu ujian, buku TA 3 rangkap) tidak lupa juga memakai kemeja putih, dasi warna gelap, almamater dan sepatu pentofel warna hitam. kala itu saya sidang bareng Septian, kita janjian di stasiun Bogor, dan senang sekali teman saya Komar ikut menemani sidang kali ini. jadi sekitar pukul 9 kita sudah sampai di Stasiun Bogor, setelah beli tiket jurusan Cikini kita menunggu kereta di Jalur 3, karena kita sidang tidak di BSI Bogor melainkan di BSI Kramat 168, jadi kita naik kereta jurusan Cikini, setelah itu naik Grab Car menuju BSI Kramat. Ketika kita sampai disana, kita sudah melihat banyak mahasiswa yang sedang duduk lesehan di lantai menunggu sidang di ruang Admin. kita juga gabung disitu dan bercakap-cakap dengan maahsiswa lain yang datang dari BSI Fatmawati dll.

Waktu itu baru pukul 11, tapi saya sudah tidak tenang hahaha lihat buku TA sudah tidak sanggup, karena malam2 sebelumnya saya sudah berulang2 mempelajarinya... jadi kayak overload gitu otak ku ... #weitsehh

dan sekitar pukul 14.00 tiba waktunya buat registrasi, lalu kita menyerahkan surat pernyataan wisuda, kartu ujian, dan surat2 yg ditandatangani oleh pembimbing seperti lembar konsultasi dan lembar pengesahan (untuk dipertahankan) yang asli, dan juga surat riset yg asli. setelah itu menandatangani daftar hadir. lalu naik ke lantai 3 (karena saya sidang diruang 306). dilantai 3 kita difoto untuk ijazah, disana sudah disediakan jas hitam dan juga cermin serta sisir supaya kita bisa nyisir dulu biar tidak dekil2 amat. soalnya ini foto buat ijazah, bakal dibawa terus sampe kapanpun, jadi jangan sampe muka kita dekil wkwkw

Lalu ketika menunggu dipanggil sidang, temen saya yang dari BSI fatmawati turun dari lantai 4, dia baru selesai sidang, tp mukanya lemas sekali, waktu ditanya dia bilang saat sidang, programnya banyak yang debug, dan pengujinya bilang bahwa dia harus mengulang september depan, dia kecewa sekali, saya pun coba menenangkan "mungkin penguji nakut2in aja, km pasti lulus kok" kata saya dengan muka tenang. padahal dalem hati saya ikutan panik juga, takut bgt nasib sama kayak dia.

Pukul 15:00 pun tiba, saya disuruh masuk ke ruang 306, disana sudah ada Bapak dan ibu Penguji . setelah mengucapkan selamat sore, saya pun masuk dan mulai mempresentasikan tugas akhir saya. Ternyata presentasinya langsung dicolokkin ke laptop saya, bukan lewat komputer BSI/CD... Nah singkat cerita setelah presentasi mulailah para penguji memberikan pertanyaan, karena saya mengambil TA Zahir Accounting, penguji pertama meminta saya menjalankan aplikasi Zahir, dan disitu Penguji ingin melihat sejauh mana kemampuan saya dalam memakai aplikasi tersebut, alhmadulillah tidak ada problem... tiba giliran Penguji 2 yang memberikan pertanyaan ... beliau memberikan pertanyaan yang berkaitan mengenai teori2 akuntansi, syukur alhamdulillah, hampir semua pertanyaan bisa saya jawab ...(dalam hati "tidak sia2 saya belajar setiap hari sampai larut malam") .
akhirnya sidang pun selesai, setelah bersalaman dan mengucapkan terimakasih kepada Ibu dan Bapak Penguji, saya pun keluar ruangan dengan muka yang happy, rasanya plong sekali gitu akhirnya selesai juga... Komar dan Septian sudah menunggu di bawah, Septian sudah selesai duluan karena dia sidang komprehensif, jadi hanya 45 menit. Lalu saya lihat sekarang wajah Komar yang pucat, karena dia belum sidang, dia sidang tanggal 25 Juli depan, dia mulai risau, gelisah dan galau. huftt sabar Mar..

Begitulah cerita sidang Tugas Akhir saya, buat yang mau sidang , point pertama yang menurut saya sangat penting adalah : "Pelajari tugas akhir mu dengan baik, klo bisa dihafal semua materinya, karena apa, dosen penguji tidak menanyakan hal yang aneh2 melainkan apa yang kamu tulis di TA mu"

- Sekian -

Diman, 24 Tahun



Bonus :

foto sesudah sidang



9 comments:

  1. kaka ambil zahir ya, saya lagi nyusun zahir nih.
    butuh referensi, dan motivasi

    ReplyDelete
  2. BSI kramat 168 itu di dekat apa kak gedung nya..

    ReplyDelete
  3. Gw juga ambil TA Zahir nih ! Tgl 3 agustus sidang, yg ditanyain emg cuma teori2 akuntansinya aja ya sama aplikasi zahirnya? Deg2an bgt gw

    ReplyDelete
  4. Gan mau nanya itu temen ente yang ditakut2in itu, akhirnya bener kena her atau langsung lulus juga gan ?

    ReplyDelete
  5. itu temennya beneran her/lulus? dan kalau her sudah pasti lulus/tidak?😔

    ReplyDelete